+ -

Cari Blog Ini

Pages

Selasa, 08 Mei 2012

ALSA fakultas hukum

ALSA 2011 - 2012
2012-01-18 -
BURSA BUKU
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang sosialiasi pada gerakan gemar membaca dan bertujuan untuk membantu memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan buku-buku dengan harga yang terjangkau, tidak hanya buku mengenai mata kuliah tetapi juga buku-buku yang merupakan best seller.
- Pelaksanaan Kegiatan :  Bulan Agustus 2011 (pada awal semester)
- Tempat Kegiatan : Lobby lantai 1 Gedung A, Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
2. ALSA CARE
Kegiatan ALSA ini bertujuan untuk mengaplikasikan jiwa sosial mahasiswa kepada masyarakat dan lingkungan sekitar sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini para mahasiswa tidak hanya mengembangkan diri secara akademik namun juga dapat meningkatkan kepekaan sosial dan lingkungan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini ALSA LC UNAIR membidik organisasi maupun korporasi yang memiliki tujuan dan maksud untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan mensejahterakan masyarakat.
Pelaksanaan kegiatan  : Bulan Juni 2011
Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
  
3. ALSA COURT LIKE DEBATE CHAMPIONSHIP (ACDC)
Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa – siswi SMU yang terletak di Jawa-Bali untuk mengembangkan kemempuan berdebat dalam bahasa inggris sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kompetisi ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan para pemuda untuk dapat menganalisis dan menyelesaikan permasalahan, serta mampu untuk menyampaikannya dengan cara yang formal dengan format bahasa Inggris dengan berdasarkan pada tata cara dalam suatu peradilan yang telah dipermudah oleh kami. Maksud ini merupakan suatu dasar bagi ALSA LC UNAIR untuk dapat meningkatkan kesadaran hukum bangsa Indonesia pada seluruh lapisan masyarakatnyadan para pelajar SMA pada khususnya. Dan dengan melalui para pelajar SMA sebagai salah satu harapan bangsa agar dapat dibekali kemampuan baru dalam menghadapi era globalisasi yang tak pernah berhenti berkembang
- Pelaksanaan Kegiatan  : Januari 2012
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
4. ORGANIZING LEADERSHIP MANAGEMANT OF ALSA (OLMA)
Program kerja yang memberikan pembekalan, pelatihan dan mengarahkan mahasiswa Fakultas Hukum Airlangga khususnya anggota ALSA Local Chapter Indonesia Universitas Airlangga. Bertujuan untuk memberikan bekal dalam manajemen organisasi, menumbuhkan jiwa analitis, kritis, pola pikir intelektul mahasiswa, mempererat persaudaraan antar mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga, memperkuat rasa kebersamaan dan persaudaraan antar anggota ALSA, memperkuat rasa
kebersamaan dan kekeluargaan antar anggota ALSA Local Chapter Indonesia Universitas Airlangga
- Pelaksanaan Keguatan : Bulan Agustus 2011
- Tempat Kegiatan  : Wisma Perhutani, Tretes Malang.
5. ALSA STUDY TRIP (INTERNASIONAL)
Kegiatan ini merupakan program kerja dari National Board  Indonesia yang kegiatannya merupakan kunjungan ke anggota ALSA di Asia Tujuan dari kegiatan ini
ialah untuk saling bertukar budaya antar negara serta saling bertukar informasi mengenai perkembangan hukum antar kedua negara.
- Pelaksanaan Kegiatan  :  Tentatif berdasarkan kebijakan National Board
- Tempat Kegiatan  :  Tentatif berdasarkan kebijakan National Board
6. MUSYAWARAH LOKAL
Musyawarah Lokal merupakan pertemuan tahunan yang diadakan untuk mendengarkan dan menilai laporan pertanggungjawaban ketua ALSA Local Chapter Universitas Airlangga. Musyawarah ini adalah lembaga tertinggi dalam ALSA Local Chapter Universitas Airlangga, dimana pada saat pelaksanaanya semua anggota ALSA menyampaikan segala inspirasinya demi perkembangan ALSA. Kegiatan ini juga sebagai ajang pemilihan ketua ALSA yang baru menggantikan ketua yang lama untuk masa kepemimpinan selanjutnya. 
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan Februari  2012
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
7. MOOT COURT COMPETITION ( Piala Mahkamah Agung )
Moot Court Competition adalah kompetisi peradilan semu pidana yang dilaksanakan oleh salah satu dari local Chapter ALSA Indonesia tiap tahunnya, kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan hukum terkait dengan hukum acara pidana serta melatih dan menumbuhkan semangat sportivitas dan jiwa kompetisi.
- Pelaksanaan kegiatan  : Bulan Februari 2012
- Tempat Kegiatan  : Tentatif berdasarkan letak penyelenggara
8. MUSYAWARAH NASIONAL
Kegiatan Musyawarah Nasional ini merupakan lembaga tertinggi dalam ALSA Indonesia, dimana agenda dalam kegiatan ini adalah pemaparan laporan pertanggungjawaban dari National Board Indonesia ALSA periode 2010 – 2011, dan juga pengesahan Anggaran Rumah Tangga, Garis - Garis Kebijakan dan pemilihan Chairperson National Board ALSA periode 2011 – 2012. Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 1 minggu pada bulan Maret oleh anggota ALSA Local Chapter Pemenang Tender
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan Maret 2011
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Syah Kuala, Aceh.
9. OPEN TENDER
Kegiatan Open Tender ini merupakan ajang pemilihan Ketua Pelaksana dari tiap kegiatan yang akan diselenggarakan atau diikuti oleh ALSA Local Chapter Universitas Airlangga.
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan Maret 2011
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.

10. ENGLISH COMPETITION
Kegiatan English Competition ini merupakan kompetisi bahasa Ingris yang diselenggarakan oleh ALSA Local Chapter Universitas Indonesia, Jakarta. Kegiatan ini terdiri atas beberapa kompetisi yaitu English Debate, Spelling Bee, News Casting, Batle of Brain, Speech dan Workshop. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun pada bulan April
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan April 2011
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta.
11. WORKSHOP DAN SEMINAR LOKAL
Workshop Lokal ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan hukum bagi seluruh mahasiswa Fakultas Hukum pada umumnya dan anggota ALSA pada khususnya. Pada tahun ini workshop dan seminar lokal yang mengangkat tema yang sedang marak dalam masyarakat dan dirasa perlu untuk dikaji demi memperluas wawasan mahasiswa..
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan September 2011
- Tempat Kegiaan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya. 

12. RAPAT PIMPINAN
Kegiatan Rapat Pimpinan ini merupakan pertemuan Ketua dari setiap Local Chapter ALSA Indonesia dengan National Board Indonesia. Agenda dalam Rapim ini adalah pemberian laporan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan tiap-tiap Local Chapter ALSA Indonesia dan juga penawaran tender-tender kegatan nasional.
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan Mei 2011
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga.
13. ALSA REFRESHMENT DAY
Kegiatan ini sebagai sarana refreshing bagi anggota ALSA setelah menjalani padatnya kegiatan ALSA selama 1 tahun. Kegiatan ini merupakan ajang silahturahmi dan saling bertukar pikiran bagi anggota ALSA.
- Pelaksanaan Kegiatan  : Oktober 2011 
- Tempat Kegiatan  : Tentatif

14. ALSA STUDY TRIP LOCAL
Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja ALSA Local chapter Airlangga yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan diluar kampus. Sehingga diharapkan peserta dari kegiatan ini dapat memperoleh ilmu yang berkaitan dengan hukum diluar bangku kuliah dan mensinkronisasikan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama dalam bangku kuliah
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan November 2011
- Tempat Kegiatan  : Tentatif
15. ALSA ASIAN FORUM ( AAF )
Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan ALSA Internasional yang diadakan di negara President ALSA Internasional. Dalam kegiatan ini dilakukan pemilihan Presiden ALSA Internasional dan negara tempat diadakannya ALSA Conference untuk tahun kepengurusan yang akan datang, serta membahas urgent issues mengenai ALSA Internasional. Pada Asian Forum ini terdapat badan keputusan tertinggi ALSA Internasional (General Assembly) dimana urgent issues mengenai ALSA Internasional akan diputuskan oleh para peserta ALSA Asian Forum.
- Pelaksanaan Kegiatan  : Agustus 2011
- Tempat Kegiatan  : Jepang.
16. MOOTING CLUB
Kegiatan Mooting Club merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa Fakultas Hukum dalam hal mempraktekkan hukum materiil dan formil dalam suatu persidangan semu. Kegiatan ini juga merupakan persiapan untuk mengikuti Mootcourt Competition. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin minimal setiap 1 bulan sekali.
- Pelaksanaan Kegiatan  : Rutin minimal 1 bulan sekali
- Tempat Kegiatan  : Gedung A Fakultas Hukum Universitas Airlangga,      Surabaya.
17. ENGLISH CLUB
Kegiatan English Club merupakan forum bagi anggota ALSA untuk mengasah kemampuan bahsa Inggris dengan mengadakan latihan rutin minimal setiap 1 bulan sekali. Kegiatan ini juga merupakan persiapan untuk mengikuti English Competition dan agenda internasional ALSA.
- Pelaksanaan Kegiatan  : Rutin minimal setiap 1 bulan sekali (tentatif)
- Tempat Kegiatan  : Gedung A Fakultas Hukum Universitas Airlangga,      Surabaya
18.  TABLE DISCUSSION
Kegiatan Table Discussion atau Diskusi Rutin ini merupakan forum bagi anggota ALSA untuk berdiskusi bersama membahas permasalahan-permasalahan hukum yang actual.
19. STUDY CLUB
Kegiatan Study Club merupakan forum untuk berdiskusi bersama membahas soal-soal ujian sebelum UTS atau UAS diadakan.
20. PRA MUSYAWARAH NASIONAL dan OUT WARD BOUND NASIONAL
Dalam kegiatan ini delegasi yang berangkat dibagi menjadi 2 kelompok, delegasi untuk Pra Musyawarah Nasional berjumlah 3 orang sementara untuk Out Ward Bound Nasional berjumlah minimal 5 orang, Dalam Pra Musyawarah Nasional ini membahas mengenai usulan perubahan Anggaran Rumah Tangga (ART), Garis-garis Kebijakan, Rekomendasi dan usulan program serta pembahasan mengenai criteria pemilihan untuk calon Ketua Nasional Indonesia ALSA 2012-2013 yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam Musyawarah Nasional Selanjutnya, Sementara Out Ward Bond kegiatannya adalah berupa kegiatan  outdoor untuk meningkatkan kerjasama juga materi mengenai ALSA.
Untuk kegiatan tersebut diatas tahun ini dilaksanakan oleh ALSA Local Chapter Universitas Pemenang Tender
- Pelaksanaan Kegiatan  : Bulan Oktober 2011
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ,Malang.
21. OPEN HOUSE
Merupakan Kegiatan yang bertujuan memperkenkan ALSA kepada para mahasiswa baru ketika masa orientasi mahasiswa. Sehingga dapat memberikan gambaran perihal organisasi ALSA pada para mahasiswa baru.
- Pelaksanaan Kegiatan   : Pada Bulan Agustus 2011
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
22. ALSA Conferences
Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan ALSA Internasional yang diadakan di negara President ALSA Internasional. Dalam kegiatan ini dilakukan pemilihan Presiden ALSA Internasional dan negara tempat diadakannya ALSA Conference untuk tahun kepengurusan yang akan datang, serta membahas urgent issues mengenai ALSA Internasional. Pada Asian Forum ini terdapat badan keputusan tertinggi ALSA Internasional (General Assembly) dimana urgent issues mengenai ALSA Internasional akan diputuskan oleh para peserta ALSA Asian Forum.
- Pelaksanaan Kegiatan  :  Januari 2012
- Tempat Kegiatan  : Tentatif
23. SEMINAR DAN WORKSHOP NASIONAL
Kegiatan ini Merupakan kegiatan seminar nasional dan Workshop yang diselenggarakan bagi anggota Alsa Nasional Chapter Indonesia yang tahun 2011 akan diselenggarakan di Universitas Airlangga Fakultas Hukum. Seminar Nasional ini berisi tentang pengenalan tentang hukum pasar modal, jenis-jenis efek, IPO, Perjanjian Penjaminan Emisi Efek, ADR pada bidang pasar modal. Dan Dalam kegiatan workshop akan dilakukan simulasi ADR pada sengketa perjanjian penjaminan emisi efek.
- Pelaksanaan Kegiatan  :  Juli 2011
- Tempat Kegiatan  : Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
24. ALUMNI NITE
Kegiatan ini Merupakan acara yang menjadi ajang temu kangen bagi para alumni, khususnya alumni ALSA LC UNAIR dari angkatan 1989 hingga 2007.
- Pelaksanaan Kegiatan  :  Januari 2012
- Tempat Kegiatan  :  Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
25. LEGAL COACHING CLINIC ( LCC )
Kegiatan ini Merupakan Kegiatan untuk belajar bersama masyarakat tentang masalah hukum yang sedang hangat diperbincangkan
- Pelaksanaan Kegiatan  :  September 2011
- Tempat Kegiatan  :  Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.
26. FUN WITH ALSA
Kegiatan ini Merupakan acara bermain mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga bersama teman-teman ALSA LC UNAIR.
- Pelaksanaan Kegiatan  :  Juni 2011
- Tempat Kegiatan  :  Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.

5 Umiliya Isbatika: ALSA fakultas hukum ALSA 2011 - 2012 2012-01-18 - BURSA BUKU Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang sosialiasi pada gerakan gemar membaca dan bertujuan unt...
< >