DEMAND
ANALYSIS
Laptop
merupakan suatu barang yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Terbukti
dari kalangan anak-anak sampai dewasa pun sudah mengenal laptop. Desain laptop
yang stylish memungkinkan laptop mudah dibawa kemana-mana, sehingga laptop
mempermudah seseorang untuk mengikuti perkembangan teknologi. Di zaman modern
sekarang ini informasi merupakan sesuatu hal yang sangat penting, sehingga
laptop pun menjadi kebutuhan bahkan menjadi trend hidup masyarakat. Oleh karena
itu banyak perusahaan yang mengembangkan laptop dengan kecanggihan yang
mempermudah hidup manusia. Harganya pun bervariasi sesuai dengan kualitas yang
ditawarkan. Untuk itu saya akan menganalisis tentang hubungan perkembangan
laptop dengan variable fungsi permintaan.
Contoh barang : Laptop
Kualitas permintaan barang atau jasa (QDX) = sangat bagus, karena laptop
sekarang telah menjadi trend atau gaya hidup dimasyarakat, atau bahkan sebuah
kebutuhan.
Harga barang atau jasa (PX) = harga barang termasuk mahal oleh kantong masyarakat pada
umumnya, meskipun akhir-akhir ini banyak beredar laptop dengan harga yang
murah, tetapi masih dianggap sebagai barang mahal.
Ekspektasi konsumen terhadap harga dari barang / jasa X
dimasa mendatang (PE) =
untuk prospek penjualan laptop untuk masa mendatang dapat saya perkirakan naik
karena seiring dengan perkembangan teknologi laptop sangat dibutuhkan untuk
mencari infortmasi dengan cepat dan tepat.
Ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan barang / jasa X
dimasa mendatang (PAE)
= ketersediaan barang laptop dimasa mendatang akan terus meningkat dengan
varian atau jenis yang terbaru sesuai selera konsumen agar lebih menarik
perhatian bagi konsumen
Selera konsumen (T) = saat ini pemakaian laptop dikalangan masyarakat bukan
hanya untuk gaya atau life style semata, tetapi banyak dibutuhkan dalam
pekerjaan ataupun sekolah.
Pengeluaran iklan (A) = banyak sekali perusahaan laptop yang membuat iklan
diberbagai media, yang bertujuan untuk menarik minat konsumen. Sehingga
memusingkan konsumen karena terlalu banyak pilihan yang ditawarkan.